Minggu, 24 Oktober 2010

Berlibur ke Kaliurang


BAGI Anda pecinta wisata alam, berkunjunglah ke Kaliurang yang merupakan kawasan pegunungan di Sleman, Yogyakarta. Selain udaranya dingin, di sana juga ada tempat-tempat wisata yang sangat menarik.

Bermula dari lampu merah ring road KM 4 di Jalan Raya Kaliurang, Anda bisa mengendarai mobil atau sepeda motor menuju puncak gunung. Di sepanjang jalan itu Anda pun akan menyaksikan beberapa area persawahan, kafe, restoran, hotel atau vila hingga universitas swasta dan rumah sakit.

Ketika mendekati pintu gerbang, Anda pun akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp3 ribu, termasuk biaya untuk motor dan penumpang di belakang Anda. Semakin ke atas jalur yang dilalui semakin berkelok dan dingin.

Pilihlah jalur yang mengarah ke sebelah kanan. Karena di area itu beberapa tempat wisata mulai terlihat dari papan nama yang ada di pinggir jalan. Untuk area yang paling teratas, terdapat Gua Jepang, sedangkan jalur yang ke kiri adalah area Gardu Pandang.

Untuk memasuki kawasan Gardu Pandang, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp2.500 per orang. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan panorama Gunung Merapi dari puncak menara yang disediakan di sebelah kiri parkiran motor. Agar tampilan gunung lebih jelas, pakailah lensa teropong yang disewakan dengan harga Rp10 ribu. Ada pun sebuah taman di sekitar menara yang dilengkapi dengan ayunan dan bangku taman.

Jika sudah bosan, beralihlah ke Museum Ulen Sentalu yang terletak di dekat pertigaan di sisi kiri Gardu Pandang. Museum ini menawarkan pesona budaya Jawa yang kental. Hampir setiap ruang berisi foto-foto para raja Yogyakarta dan Surakarta, batik dan aroma sesaji. Adapun sebuah galeri dan restoran yang disediakan di dekat pintu keluar museum. Harga tiket masuk museum ini Rp25 ribu/orang, termasuk tarif untuk pemandu dan secangkir minuman khas kerajaan.

Ada pun tempat-tempat wisata Kaliurang lainnya, seperti kolam renang Tlogo Putri di Taman Wisata Bukit Plawangan, Bukit Turgo serta kereta kelinci yang melintas kea rah Gardu Pandang di pinggir Kali Boyong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my fhoto

Nicks

NIcky

Nicko Novaliantama

slide